Beranda
×
Beranda Tentang Kami Informasi & Publikasi
×
Visi & Misi Struktur Organisasi Tim Kami Maklumat Layanan Standar Layanan
×
Berita Pengumuman Agenda

BERITA

Sosialisasi Pengaduan dan Penegakan Hukum

Posted by :Administrator 2020-06-20


Sosialisasi Pengaduan dan Penegakan Hukum Tahun 2019 oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Tebing Tinggi

Pengaduan dan Penegakan Hukum Lingkungan di wilayah Kota Tebing Tinggi diharapkan dapat diterapkan dengan lebih baik, sehinggga pelaku usaha dan/atau kegiatan perlu diberikan pembinaan dan diawasi secara berkelanjutan terhadap hasil usaha dan/atau kegiatannya yang berdampak terhadap pencemaran lingkungan hidup. Hal inilah yang mendasari Dinas Lingkungan Hidup Kota Tebing Tinggi melaksanakan Sosialisasi Pengaduan dan Penegakan Hukum Tahun 2019 pada hari Kamis (7/11/2019).

Sosialisasi ini berlangsung di Balai Kartini dengan mengundang pelaku usaha dan/atau kegiatan serta Kepala OPD, Camat, Lurah, dan Kepala Lingkungan. Adapun kegiatan sosialisasi tersebut dipaparkan langsung oleh narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara oleh Tedi Supriatna, SH selaku Kepala Seksi Penegakan Hukum.

 Berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup pasal 69 ayat (1) mengenai larangan pembuangan limbah, pasal 76-82 tentang Penerapan Sanksi Administratif dan Peraturan Menteri LH Nomor P22/MENLHK/SETJEN/SET.1/3/2017 tentang Tata Cara Pengaduan dan Penanganan Pengaduan. Kegiatan sosialisasi ini juga mengacu sebagaimana yang tertera di Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 09 Tahun 2010 tentang Tata Cara Pengaduan dan Penanganan Pengaduan Akibat Dugaan Pencemaran dan/atau Perusakan Lingkungan Hidup serta Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 02 Tahun 2013 tentang Pedoman Penerapan Sanksi Administratif di Bidang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

 Diharapkan dengan terlaksananya kegiatan Sosialisasi Pengaduan dan Penegakan Hukum Lingkungan Tahun 2019, pelaku usaha dan/atau kegiatan dan masyarakat memahami arti pencemaran lingkungan hidup serta tata cara pengaduan secara tertulis maupun lisan dengan bukti yang jelas.