Beranda
×
Beranda Tentang Kami Informasi & Publikasi
×
Visi & Misi Struktur Organisasi Tim Kami Maklumat Layanan Standar Layanan
×
Berita Pengumuman Agenda

BERITA

Sosialisasi Pengelolaan Limbah Medis Fasyankes Berbasis Wilayah di Tebing Tinggi

Posted by :Administrator 2021-11-23


   

Kamis, 7 Oktober 2021, Dinas Lingkungan Hidup Kota Tebing Tinggi melakukan kegiatan : “Sosialisasi Pengelolaan Limbah Medis Fasilitas Pelayanan Kesehatan berbasis wilayah di Kota Tebing Tinggi”  yang dilaksanakan di Meeting Room, Hotel Ray Inn.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Tebing Tinggi, Muhammad Dimiyathi, S.Sos, M.TP dan dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tebing Tinggi, Dinas Kesehatan Kota Tebing Tinggi, PT. Sumatera Deli Lestari Indah (PT. SDLi), serta perwakilan dari beberapa fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) seperti RSUD Dr. H. Kumpulan Pane, RS Chevani, RS Bhayangkara, RS UNPRI, Klinik Zahara, dan RS Natama.

Berdasarkan Pasal 59 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup bahwa setiap orang yang menghasilkan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) wajib melakukan pengelolaan limbah yang dihasilkannya dan dalam hal setiap orang tidak mampu melakukan sendiri pengelolaan limbah, pengelolaannya diserahkan kepada pihak lain yang memiliki izin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan. 

Sekretaris Daerah Kota Tebing Tinggi, Muhammad Dimiyathi, S.Sos, M.TP  menyampaikan bahwa urusan Lingkungan hidup merupakan urusan wajib dan mengarahkan serta menekankan bahwa penghasil Limbah B3 wajib mengelola limbah B3 yang dihasilkan dengan baik dan benar.

“Dalam hal pengelolaan limbah B3 harus dilakukan dengan tepat prosedur dan tepat waktu.” Ucap Sekdako.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tebing Tinggi Dr. H. Muhammad Hasbie Ashshiddiqi, M.M., M.Si, mengatakan bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2020 pasal 18 tentang pengelolaan limbah medis fasilitas pelayanan Kesehatan berbasis wilayah, Pemerintah Daerah mempunyai tanggung jawab dalam Pengelolaan Limbah Medis Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang dilakukan melalui kerja sama Pemerintah Daerah dengan pihak swasta yang memiliki izin sesuai dengan peraturan perundang–undangan yang berlaku.

Dalam rangka pengelolaan limbah B3, Pemerintah Kota Tebing Tinggi bekerjasama dengan pihak-pihak swasta yang telah memiliki izin pengelolaan limbah B3. Pada kesempatan ini Pemerintah Kota Tebing Tinggi menggandeng PT. SDLi dalam pengelolaan limbah medis. “PT. SDLi memberikan dukungan dengan penempatan Cold Storage pada tempat penyimpanan sementara (TPS) di wilayah Kota Tebing Tinggi dan saat ini kita sedang dalam tahap pembuatan draft Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama.” Ucap Kadis Lingkungan Hidup.

Dengan adanya kerjasama ini diharapkan dapat membantu Pemerintah Kota Tebing Tinggi meningkatkan pengelolaan limbah medis fasilitas pelayanan kesehatan berbasis wilayah dan meminimalisir resiko pencemaran lingkungan (pembuangan limbah medis ke laut) dan dampak kesehatan.