Beranda
×
Beranda Tentang Kami Informasi & Publikasi
×
Visi & Misi Struktur Organisasi Tim Kami Maklumat Layanan Standar Layanan
×
Berita Pengumuman Agenda

BERITA

Sosialisasi Penyusunan Dokumen UKL-UPL Tahun 2019 oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Tebing Tinggi

Posted by :Administrator 2020-05-18


Sosialisasi Penyusunan Dokumen UKL-UPL Tahun 2019 oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Tebing Tinggi

Demi meningkatkan komitmen pelaku usaha dan/atau kegiatan yang ada di Kota Tebing Tinggi terhadap pengelolaan lingkungan hidup, DLH Kota Tebing Tinggi melaksanakan Sosialisasi Penyusunan Dokumen UKL-UPL Tahun 2019 pada Senin pagi (4/11/2019).

Sosialisasi ini berlangsung di Aula Hotel Malibou dengan mengundang pelaku usaha dan/atau kegiatan di Kota Tebing Tinggi, di antaranya Nusantara Tyre, UD. Harum Manis, RS. Chevani, dll. Adapun kegiatan sosialisasi ini dipaparkan langsung oleh narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara, Bapak Ir. Panusunan Harahap. 

Berdasarkan ketentuan di Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, ditetapkan bahwa Pasal 22 ayat (1) dan Pasal 34 ayat (1), “Setiap usaha dan/atau kegiatan yang berdampak penting terhadap lingkungan hidup wajib memiliki amdal” dan “setiap usaha dan/atau kegiatan yang tidak termasuk dalam kriteria wajib amdal wajib memiliki Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL)”, serta Pasal 36 ayat (1) dan 40 ayat (1), “Setiap usaha dan/atau kegiatan yang wajib memiliki amdal atau UKL-UPL wajib memiliki izin lingkungan.”, sehingga pelaku usaha dan/atau kegiatan diminta untuk menyusun dokumen lingkungan yang diperlukan.

Sebagaimana dengan Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor : SE.7/MENLHK/SETJEN/PLA.4/12/2016 tentang Kewajiban Memiliki Dokumen Lingkungan Hidup Bagi Orang Perseorangan atau Badan Usaha yang Telah Memiliki Izin Usaha dan/atau Kegiatan, pada bagian (c) Ruang Lingkup disebutkan bahwa, terhadap orang perseorangan atau Badan Usaha yang telah memiliki izin usaha dan/atau kegiatan namun belum memiliki dokumen lingkungan hidup dapat dikenakan Sanksi Administratif.

 Diharapkan dengan terlaksananya kegiatan Sosialisasi Penyusunan Dokumen UKL-UPL Tahun 2019 ini, pelaku usaha dan/atau kegiatan di Kota Tebing Tinggi dapat lebih memahami serta melaksanakan kewajiban penyusunan dokumen lingkungan yang diperlukan sebagai bentuk dari keseriusan pelaku usaha dan/atau kegiatan terhadap pengelolaan lingkungan hidup.